Dering hp terdengar.....entah sudah
keberapa kali.
Saya yang lagi rusuh di dapur, agak-agak
terganggu jadinya.
"Haloo.....assalaamualaikum. Ini
yang jual rokcelana ya?"
Suara ibu-ibu terdengar di seberang sana.
"Waalaikumsalaam, iya bu, benar. Ada yang bisa saya bantu?"
Saya jawab semanis mungkin, walaupun
dalam hati masih agak ngedumel, secara urusan di dapur jadi terganggu.
Maklum, hari minggu, pengennya sih jadi
waktu khusus leyeh-leyeh.
Tapi ternyata, buat yang namanya
emak-emak, apalagi yang udah punya lapak, hari minggu pun kepake buat urusan
bisnis.
Lah, dari tilpun, sampe kunjungan
langsung dari customer or reseller, selalu ada. Lapaknya mau ditutup juga
kesian ah......secara mereka dah bela-belain ngubungin or dateng ke sinih.
"Ini jeng, saya mau beli rokcelana
sampeyan. Belinya sekaligus banyak. Bisa ngga jeng? Tapi tolong kirimnya cepet
ya. Kalau bisa minggu ini juga. Gimana jeng?"
"Oiya, silakan bu. Nanti ibu tulis
aja via whatsapp detil pesenannya. Rokcelana jenis apa, size apa, jumlahnya
berapa. Nanti rincian harga dan lain-lain saya jelaskan di whatsapp juga ya
bu."
"Nggih. Makasih ya jeng."
"Iya bu. Sama-sama."
Klik. Hp ditutup. Secepat kilat saya
berlari ke dapur, menyelesaikan semua urusan di sana. Salah-salah umat bisa
mati kelaparan nih, gegara ngga ada makanan. (drama dikit)
Setelah itu, lanjut, saya pegang hp.
Buka whatsapp, dan dengan khusyuk membaca, menelusuri dan mengetik semua yang
ditanyakan oleh calon reseller tadi.
Ah, ternyata beliau emak-emak yang punya
toko di salah satu daerah tengah Jawa. Pantesan. Mesennya mpe berkodi-kodi.
Dan sore itu juga, si ibu pun sudah
menunjukkan bukti transfer.
Dan dalam dua minggu berturut-turut,
pesenan dari beliau terus bertambah.
*********
Ibu itu cuma salah satu dari puluhan
reseller yang menjadi mitra saya. Sama sekali ngga pernah ketemu muka. Kenal
juga kagak. Tapi dengan berani mengambil keputusan, untuk mendepositkan uangnya
di toko saya dengan nilai deposit tertinggi.
Fyi, untuk reseller, saya ngasih dua
pilihan sistem. Sistem beli putus atau sistem deposit.
Beli putus ini, yang biasanya berlaku di
distributor ataupun produsen manapun. Contoh di supplier busana muslim
terkenal. Ada pilihan paket keagenan. Paket yang paling murah harganya 4 juta
dapet 40 kaos. Nah, 40 kaos ini, yang nentuin sizenya, warnanya, ya si
supplier. Si reseller bayar cash. Lalu dia hanya bisa pasrah terima barang sejumlah
40 pcs.
Dan ada kemungkinan barang jadi numpuk,
karena bisa jadi, stok yang ada di reseller banyak yang tidak sesuai dengan
keinginan customer.
Kalau dengan sistem deposit, reseller
sangat terbantu. Pertama, mereka cukup menyimpan sejumlah uang dengan nilai
tertentu. Maka reseller akan mendapatkan diskon sesuai nilai tersebut. Misal,
si reseller setor uang 750 ribu, maka otomatis dia dapat diskon 20% untuk
setiap belanja yang dia lakukan. Walau dia belanja hanya 1 pcs !!! Ngga perlu
capek-capek belanja 10 pcs untuk dapetin diskon besar.
Jadi, setiap ada customer yang nyari
barang, si reseller tinggal nyolek supplier untuk menyediakan barang yang
dimaksud. Enak kan? Ngga perlu nyetok, ngga perlu ada timbunan barang yang ngga
laku. Karena semua pesanan, sesuai kebutuhan. Pun mereka ngga perlu bolak balik
transfer untuk belanja.
Saya cuma inget awal-awal saya mencari
produk untuk dijual. Lah kok kebanyakan modelnya seperti itu. Sangat beresiko,
terutama untuk yang baru memulai bisnis. Belum ngerti pasar, belum punya
pelanggan. Maka saya bertekad, kalau satu saat saya jadi distributor atau
produsen, saya akan bikin alternatif lain yang sangat ringan dan minim resiko,
untuk mereka yang mau menjadi reseller.
Untuk cara deposit, saya membuat range antara
750rb - 6 juta saja.
Dengan tingkatan diskon berbeda, dari
15% sampai 35%. Sekitar 20rb sampai 70rb keuntungan yang bisa didapat oleh
reseller untuk penjualan per piecenya. Pembukuan untuk deposit ini, saaangat
rinci dan detil. Saya ngerjainnya penuh rasa. Rasa ngantuk dan capek. Apalagi
kalo ngerjainnya pas malem buta, ditemenin kopi panas. Beuh, mantep.
Sistem ini ternyata banyak peminatnya.
Alhamdulillah, puluhan reseller yang aktif kebanyakan adalah reseller deposit.
Sebagian besar dari mereka... adalah temen, sodaranya temen, atau temennya
temen ...
Sebagian kecilnya adalah orang-orang
yang samaaa sekaliiiii ngga pernah ketemu muka dengan saya. Bahkan mendengar
suara saya pun, ngga pernah, secara mereka hanya menghubungi saya via whatsapp.
Hanya 1-2 orang yang pernah menelpon. Termasuk ibu yang nelpon tadi.
*********
Satu hal lagi, ketika anda memutuskan
menjadi distributor, maka bersiaplah menjadi ember penampung...
"Mba.....ada di rumah ngga
nanti?"
Pesan dari whatsapp muncul. Reseller.
Sebut saja Mawar.
"Iya ada. Dateng aje....",
ketik saya.
Sejam kemudian, Mawar muncul depan pintu
sambil senyam senyum penuh makna. Ngga berapa lama duduk selonjoran, lalu
keluarlah curhat...
"Hadeeuuhh, coba ya mba. Ini ada customerku.
Udah pesen barang dari lama. Giliran barangnya ada, dia ngilang. Dicolek di wa,
ngga mbales. Telepon ngga diangkat....".
Lain hari, lain waktu. Reseller lainnya
datang ke rumah, dengan curcol yang berbeda. Sebut saja namanya Melati.
"Mba,...ternyata di tempatku ada
juga loh yang jualan rokcelana. Gimana ya mba?"
Lain hari, reseller satunya lagi dateng.
Sebut saja namanya Cempaka.
"Mba, itu orang yang nawarin
rokcelana, kok harganya lebih murah ya?"
Yang ditanya? Sebut saja namanya
Kenanga....
(napa jadi koleksi bunga yak)
Ceritanya si kenanga ini...mau ngga mau
jadi terbiasa dengan semua pertanyaan abadi, yang direwind terus menerus dari
orang yang berbeda. Percayalah, semua pebisnis akan mengalami hal yang sama....
Lain waktu, di siang hari, saat saya
bermandikan keringat, membungkus pesanan satu demi satu, pesan-pesan di wa
bermunculan. Kadang-kadang pesan ini muncul di saat-saat genting, saat saya
lagi rebahan, lagi rusuh sama anak-anak, lagi belanja di tukang sayur, lagi melototin
fb, lagi ngupi-ngupi.....(eh..mana gentingnya ya?)
"Mba....jawab segera dong, ini ada
customer yang pengen jadi resellerku. Gimana mba?"
(ni reseller kemaren kyknya ngga
ngikutin 'ceramah' saya di grup nih. Padahal waktu itu dah dijelasin panjang
lebar tentang reseller management system.....*ceileh*)
"Bu, ini ada yang nanya bedanya
softjeans sama denim apa ya?"
(nah, ternyata yang ini juga belum paham
banget product knowledge, kudu remedial nih....)
"Mbaaa......stok wolfis hitam kapan
lagi ready?"
(ni pertanyaan rewind. jawaban tinggal
copas aja dari produsen....hehehe)
"Riiiiin, pesenanku dah dikirim
beloomm?"
(jiaaahh, kagak tau dia daku dah
bermandikan keringat, packing sana sini, mpe terseok-seok ngangkutin
pesanannya.....*drama* )
"Maaf, ini LayaShop ya,
nganuu.....saya mau pesan rokcelana, bisa??"
(ya bisa atuh bu.....pegimane sih,
namanya juga toko, masak ngga terima pesenan...)
"Bu, ini saya temannya teman ibu.
Saya mau dateng ke rumah nih, mau beli rokcelana untuk anak saya. Kira-kira jam
berapa ibu ada di rumah?"
(tertegun, mikirin hari itu yang
kebetulan jadwal di luar rumah lagi padat merayap)
"Mba, kalo orang beratnya 70 kg,
biasanya pake size apa ya?"
(waduh, perasaan di tabel ngga ditulis
berat deh. tapi LINGKAR PINGGUL....*kalo deket, pengen nyodorin senti*)
"Rinceee.....ini ada yang minta
cepet nih. Buruan siapin ya !!"
(ni panggilan khusus dari beberapa
orang, yang mana kalo ngga diladenin, bisa terjadi huru hara....)
"BU, SAYA MAU ORDER ! TOLONG
DICATAT BAIK-BAIK YA !!!
(siyap bu...tapi mbok ya jangan hurup
besar semua, serasa lagi diteriakin pake toa )
"Mbaaa.....kok ini warnanya sama,
hitam sama birdong?"
(ternganga...... hiks, sejak kapan yaaa
warna hitam bisa kembar identik sama warna biru?)
"Riiiiin, itu harganya diskon lagi
yaaa.... Ngambilnya buanyak niiihh !!"
(termehek-mehek...)
***************
Aneka rupa pesan, macam-macam curcol dan
variasi cerita ceriti sekarang jadi bagian dari hari-hari saya.
Meladeni customer dan reseller dengan
berbagai macam tipe n karakter, mau ngga mau bikin saya jadi emak tukang gelar
lapak yang kudu tebal muka, telinga, hati dan jempol.
Ada customer yang reweeell sangat.
Protesnya banyak beneerr. Eh, tiba-tiba sekarang jadi reseller yang sangat
aktif.
Ada reseller yang kalo nulis pake huruf
besar semua dan setiap kalimat selalu diakhiri tanda seru. Sampe saya
kepikiran, apa dia lagi PMS ya...bawaannya marah mulu. Atau mungkin hpnya
kepencet huruf besar semua. Saya coba husnuzhon. Etapi pas ketemu darat,
waduhh..... lembut niaan. Beda banget dari yang saya bayangkan !!!
Ada customer yang bolak balik nanyaaa
mulu. Dah dijelasin dengan detil dan rinci semua pertanyaannya. Tapi kok, ngga
ngerti-ngerti. Apa dia sengaja supaya bisa berlama-lama berduaan ngobrol di wa
sama saya?? Hiiyy...antara ngeri-ngeri sedap jadinya.
Tapi alhamdulillah, si customer ternyata
normal-normal aja. Malah jadi keterusan order. (ini sih sayanya aja yang
paranoid kali ya)
Yang PHP juga adaaaa.....
Pokoknya, intinya, dalam berhubungan
dengan mereka, dilarang keras baper dan bapir. Kuncinya, utamakan kelembutan,
cinta dan kasih sayang dalam setiap komunikasi.....*tsaaahhh
Etapi emang bener. Saya jadi bener-bener
terbiasa merangkai kata yang terbaik yang bisa saya tulis. Walaupun saya dalam
keadaan yang sangaaattt panassss.....(emang beneran panas sih, lah buka hp nya
di bawah matahari terik........*abaikan....ini cuma drama tak penting)
Ketika saya yang balik curcol ke
reseller yang saya anggap seperti kakak sendiri, kalo saya termasuk orang yang
gampang panas. Eh beliau malah bilang, kalo cara saya merespon sangat-sangat
luar biasa. Sangat sabaarr. Keliatan dari tulisan saya, katanya. Malah
menurutnya seandainya dia di posisi saya, belum tentu mampu bersikap seperti
itu.
Wah, tetiba saya tersanjung.
Tersanjung season 8..
*ngusep daster*
********
Satu setengah tahun yang lalu, saya cuma
emak-emak biasa dengan kenalan yang itu-itu saja. Ngga suka jualan, tapi suka
ngobrol apalagi nyambi makan bareng. Pergaulan pun terbatas. Hanya seputar
rumah, sekolah anak, pengajian dan komunitas.
Tetiba sekarang saya jadi doyan jualan.
Punya banyak kenalan, punya banyaak sodara. Mereka sekarang seperti kawan akrab
saya. Mondar mandir ke rumah, sambil belanja, sambil curcol, sambil ngemil.
Juga customer-customer yang loyal, yang suka nyapa dan nyolek di wa, sampe
nyamperin ke rumah.
Alhamdulillah, Allah bukakan jalan untuk
menjadi lebih bermanfaat.
Saya sangat percaya.
Haqqul yakin.
Allah swt yang menggerakkan mereka.
Menggerakkan jari mereka untuk
menghubungi saya.
Menggerakkan hati mereka untuk bergabung
dan bermitra bersama saya.
Menggerakkan tangan mereka untuk
bertransaksi dengan saya.
Itu semua, bukan karena iklan toko saya
di facebook, ig, whatsapp, atau di selebaran dan brosur yang saya sebarkan saat
bazar.
Itu hanya perantara.
Di atas itu semua, ada Allah yang
gerakkan.
Daaann...tidak ada yang lebih bahagia,
daripada membaca komentar-komentar mereka....reseller dan customer tercintah..
“Bu Rina, Alhamdulillah.....reseller
saya nambah. Makanya saya jadi sering mesen nih ke bu Rina.
“Mbaaa....rokcelnya sukaaaaa....bahannya
adeemm. Jadi enak nih, ngga perlu pake daleman lagi.”
“Bu, anakku suka banget rokcelnya. Mpe
cuci, kering, pake....gitu terus. Makanya sekarang mo pesen lagi..”
“Mba, temen kantorku pada minat nih.
Katanya cantik. Aku mau dong jadi reseller.”
“Bu, paketnya dah sampe. Aku suka banget
rokcelnya. Nanti kalo dah gajian, aku mau pesen lagi yaa...”
Dll.....dst....
Kalo dah gitu, capeknya packing-packing
dan ngangkut barang berkilo-kilo, jadi lenyap, hilang....dan hanya berbekas
transferan di ATM ....(emak matre dot com)
************
Niat saya mungkin sepele banget. Pengen
ngeliat mereka, perempuan-perempuan bisa tampil feminin dan tetep bisa bebas
bergerak.
Perempuan yang manis dan elegan dengan
roknya, tapi juga bisa tetap berkendara dengan luwes, berjalan dengan cepat,
berlari, loncat, gegulingan.....(ini teh mau ngapain yak ...)
Anak perempuan juga bisa tumbuh sesuai
kodratnya.
Terbiasa memakai rok, tanpa merasa sulit
untuk bermain dengan lincahnya. Sementara auratnya tetap tertutup rapih.
Para emak pun nyaman, karena cucian jadi
ngirit. Ngga perlu nyuci dobel. Udahlah nyuci rok....eh kudu nyuci dalemannya
juga. Bener ngga pemirsa??
Baiklah, mungkin sampai sini dulu cerita
tak penting dari seorang emak yang merasa produknya penting......
Seorang emak yang sedang jatuh cinta dengan
bisnisnya. Meluruskan niat, bahwa bisnis ini adalah sarana sang emak untuk
makin dekat dengan penciptanya, dan bagian dari kontribusi sang emak untuk
berkembangnya ekonomi umat.
Gimanapun, langkah besar itu dimulai
dari langkah kecil....
Semoga.....bisnis ini semakin
berkembang, berkah dan bermanfaat untuk umat di seluruh dunia.....Aaaaamiiiiinn
#ceritabisnissangemak
#jangantanyakenapajudulnyanggaberhubungan
#itukarenasangemakdoyanminumkopi
#plusdoyangelarlapak
#nahternyataadahubunganjugakan
#napajadingomongsendiriyak
#makasih
ya dah baca sampe selesai <3
Post a Comment