Cinta Dalam Secawan Kopi

14 October 2016 | comments


Dering hp terdengar.....entah sudah keberapa kali.
Saya yang lagi rusuh di dapur, agak-agak terganggu jadinya.

"Haloo.....assalaamualaikum. Ini yang jual rokcelana ya?"

Suara ibu-ibu terdengar di seberang sana.

"Waalaikumsalaam, iya bu, benar. Ada yang bisa saya bantu?"


Saya jawab semanis mungkin, walaupun dalam hati masih agak ngedumel, secara urusan di dapur jadi terganggu.

Maklum, hari minggu, pengennya sih jadi waktu khusus leyeh-leyeh.
Tapi ternyata, buat yang namanya emak-emak, apalagi yang udah punya lapak, hari minggu pun kepake buat urusan bisnis.
Lah, dari tilpun, sampe kunjungan langsung dari customer or reseller, selalu ada. Lapaknya mau ditutup juga kesian ah......secara mereka dah bela-belain ngubungin or dateng ke sinih.


"Ini jeng, saya mau beli rokcelana sampeyan. Belinya sekaligus banyak. Bisa ngga jeng? Tapi tolong kirimnya cepet ya. Kalau bisa minggu ini juga. Gimana jeng?"

"Oiya, silakan bu. Nanti ibu tulis aja via whatsapp detil pesenannya. Rokcelana jenis apa, size apa, jumlahnya berapa. Nanti rincian harga dan lain-lain saya jelaskan di whatsapp juga ya bu."

"Nggih. Makasih ya jeng."

"Iya bu. Sama-sama."

Klik. Hp ditutup. Secepat kilat saya berlari ke dapur, menyelesaikan semua urusan di sana. Salah-salah umat bisa mati kelaparan nih, gegara ngga ada makanan. (drama dikit)

Setelah itu, lanjut, saya pegang hp. Buka whatsapp, dan dengan khusyuk membaca, menelusuri dan mengetik semua yang ditanyakan oleh calon reseller tadi.

Ah, ternyata beliau emak-emak yang punya toko di salah satu daerah tengah Jawa. Pantesan. Mesennya mpe berkodi-kodi.
Dan sore itu juga, si ibu pun sudah menunjukkan bukti transfer.
Dan dalam dua minggu berturut-turut, pesenan dari beliau terus bertambah.




*********

Ibu itu cuma salah satu dari puluhan reseller yang menjadi mitra saya. Sama sekali ngga pernah ketemu muka. Kenal juga kagak. Tapi dengan berani mengambil keputusan, untuk mendepositkan uangnya di toko saya dengan nilai deposit tertinggi.
Fyi, untuk reseller, saya ngasih dua pilihan sistem. Sistem beli putus atau sistem deposit.


Beli putus ini, yang biasanya berlaku di distributor ataupun produsen manapun. Contoh di supplier busana muslim terkenal. Ada pilihan paket keagenan. Paket yang paling murah harganya 4 juta dapet 40 kaos. Nah, 40 kaos ini, yang nentuin sizenya, warnanya, ya si supplier. Si reseller bayar cash. Lalu dia hanya bisa pasrah terima barang sejumlah 40 pcs.
Dan ada kemungkinan barang jadi numpuk, karena bisa jadi, stok yang ada di reseller banyak yang tidak sesuai dengan keinginan customer.


Kalau dengan sistem deposit, reseller sangat terbantu. Pertama, mereka cukup menyimpan sejumlah uang dengan nilai tertentu. Maka reseller akan mendapatkan diskon sesuai nilai tersebut. Misal, si reseller setor uang 750 ribu, maka otomatis dia dapat diskon 20% untuk setiap belanja yang dia lakukan. Walau dia belanja hanya 1 pcs !!! Ngga perlu capek-capek belanja 10 pcs untuk dapetin diskon besar.

Jadi, setiap ada customer yang nyari barang, si reseller tinggal nyolek supplier untuk menyediakan barang yang dimaksud. Enak kan? Ngga perlu nyetok, ngga perlu ada timbunan barang yang ngga laku. Karena semua pesanan, sesuai kebutuhan. Pun mereka ngga perlu bolak balik transfer untuk belanja.

Saya cuma inget awal-awal saya mencari produk untuk dijual. Lah kok kebanyakan modelnya seperti itu. Sangat beresiko, terutama untuk yang baru memulai bisnis. Belum ngerti pasar, belum punya pelanggan. Maka saya bertekad, kalau satu saat saya jadi distributor atau produsen, saya akan bikin alternatif lain yang sangat ringan dan minim resiko, untuk mereka yang mau menjadi reseller.

Untuk cara deposit, saya membuat range antara 750rb - 6 juta saja.
Dengan tingkatan diskon berbeda, dari 15% sampai 35%. Sekitar 20rb sampai 70rb keuntungan yang bisa didapat oleh reseller untuk penjualan per piecenya. Pembukuan untuk deposit ini, saaangat rinci dan detil. Saya ngerjainnya penuh rasa. Rasa ngantuk dan capek. Apalagi kalo ngerjainnya pas malem buta, ditemenin kopi panas. Beuh, mantep.

Sistem ini ternyata banyak peminatnya. Alhamdulillah, puluhan reseller yang aktif kebanyakan adalah reseller deposit. Sebagian besar dari mereka... adalah temen, sodaranya temen, atau temennya temen ...




Sebagian kecilnya adalah orang-orang yang samaaa sekaliiiii ngga pernah ketemu muka dengan saya. Bahkan mendengar suara saya pun, ngga pernah, secara mereka hanya menghubungi saya via whatsapp. Hanya 1-2 orang yang pernah menelpon. Termasuk ibu yang nelpon tadi.


*********
Satu hal lagi, ketika anda memutuskan menjadi distributor, maka bersiaplah menjadi ember penampung...

"Mba.....ada di rumah ngga nanti?"
Pesan dari whatsapp muncul. Reseller. Sebut saja Mawar.

"Iya ada. Dateng aje....", ketik saya.

Sejam kemudian, Mawar muncul depan pintu sambil senyam senyum penuh makna. Ngga berapa lama duduk selonjoran, lalu keluarlah curhat...

"Hadeeuuhh, coba ya mba. Ini ada customerku. Udah pesen barang dari lama. Giliran barangnya ada, dia ngilang. Dicolek di wa, ngga mbales. Telepon ngga diangkat....".

Lain hari, lain waktu. Reseller lainnya datang ke rumah, dengan curcol yang berbeda. Sebut saja namanya Melati.

"Mba,...ternyata di tempatku ada juga loh yang jualan rokcelana. Gimana ya mba?"

Lain hari, reseller satunya lagi dateng. Sebut saja namanya Cempaka.
"Mba, itu orang yang nawarin rokcelana, kok harganya lebih murah ya?"

Yang ditanya? Sebut saja namanya Kenanga....
(napa jadi koleksi bunga yak)
Ceritanya si kenanga ini...mau ngga mau jadi terbiasa dengan semua pertanyaan abadi, yang direwind terus menerus dari orang yang berbeda. Percayalah, semua pebisnis akan mengalami hal yang sama....

Lain waktu, di siang hari, saat saya bermandikan keringat, membungkus pesanan satu demi satu, pesan-pesan di wa bermunculan. Kadang-kadang pesan ini muncul di saat-saat genting, saat saya lagi rebahan, lagi rusuh sama anak-anak, lagi belanja di tukang sayur, lagi melototin fb, lagi ngupi-ngupi.....(eh..mana gentingnya ya?)


"Mba....jawab segera dong, ini ada customer yang pengen jadi resellerku. Gimana mba?"
(ni reseller kemaren kyknya ngga ngikutin 'ceramah' saya di grup nih. Padahal waktu itu dah dijelasin panjang lebar tentang reseller management system.....*ceileh*)


"Bu, ini ada yang nanya bedanya softjeans sama denim apa ya?"
(nah, ternyata yang ini juga belum paham banget product knowledge, kudu remedial nih....)

"Mbaaa......stok wolfis hitam kapan lagi ready?"
(ni pertanyaan rewind. jawaban tinggal copas aja dari produsen....hehehe)

"Riiiiin, pesenanku dah dikirim beloomm?"
(jiaaahh, kagak tau dia daku dah bermandikan keringat, packing sana sini, mpe terseok-seok ngangkutin pesanannya.....*drama* )

"Maaf, ini LayaShop ya, nganuu.....saya mau pesan rokcelana, bisa??"
(ya bisa atuh bu.....pegimane sih, namanya juga toko, masak ngga terima pesenan...)

"Bu, ini saya temannya teman ibu. Saya mau dateng ke rumah nih, mau beli rokcelana untuk anak saya. Kira-kira jam berapa ibu ada di rumah?"
(tertegun, mikirin hari itu yang kebetulan jadwal di luar rumah lagi padat merayap)

"Mba, kalo orang beratnya 70 kg, biasanya pake size apa ya?"
(waduh, perasaan di tabel ngga ditulis berat deh. tapi LINGKAR PINGGUL....*kalo deket, pengen nyodorin senti*)

"Rinceee.....ini ada yang minta cepet nih. Buruan siapin ya !!"
(ni panggilan khusus dari beberapa orang, yang mana kalo ngga diladenin, bisa terjadi huru hara....)

"BU, SAYA MAU ORDER ! TOLONG DICATAT BAIK-BAIK YA !!!
(siyap bu...tapi mbok ya jangan hurup besar semua, serasa lagi diteriakin pake toa )

"Mbaaa.....kok ini warnanya sama, hitam sama birdong?"
(ternganga...... hiks, sejak kapan yaaa warna hitam bisa kembar identik sama warna biru?)

"Riiiiin, itu harganya diskon lagi yaaa.... Ngambilnya buanyak niiihh !!"
(termehek-mehek...)


***************

Aneka rupa pesan, macam-macam curcol dan variasi cerita ceriti sekarang jadi bagian dari hari-hari saya.
Meladeni customer dan reseller dengan berbagai macam tipe n karakter, mau ngga mau bikin saya jadi emak tukang gelar lapak yang kudu tebal muka, telinga, hati dan jempol.


Ada customer yang reweeell sangat. Protesnya banyak beneerr. Eh, tiba-tiba sekarang jadi reseller yang sangat aktif.


Ada reseller yang kalo nulis pake huruf besar semua dan setiap kalimat selalu diakhiri tanda seru. Sampe saya kepikiran, apa dia lagi PMS ya...bawaannya marah mulu. Atau mungkin hpnya kepencet huruf besar semua. Saya coba husnuzhon. Etapi pas ketemu darat, waduhh..... lembut niaan. Beda banget dari yang saya bayangkan !!!

Ada customer yang bolak balik nanyaaa mulu. Dah dijelasin dengan detil dan rinci semua pertanyaannya. Tapi kok, ngga ngerti-ngerti. Apa dia sengaja supaya bisa berlama-lama berduaan ngobrol di wa sama saya?? Hiiyy...antara ngeri-ngeri sedap jadinya.
Tapi alhamdulillah, si customer ternyata normal-normal aja. Malah jadi keterusan order. (ini sih sayanya aja yang paranoid kali ya)

Yang PHP juga adaaaa.....

Pokoknya, intinya, dalam berhubungan dengan mereka, dilarang keras baper dan bapir. Kuncinya, utamakan kelembutan, cinta dan kasih sayang dalam setiap komunikasi.....*tsaaahhh

Etapi emang bener. Saya jadi bener-bener terbiasa merangkai kata yang terbaik yang bisa saya tulis. Walaupun saya dalam keadaan yang sangaaattt panassss.....(emang beneran panas sih, lah buka hp nya di bawah matahari terik........*abaikan....ini cuma drama tak penting)

Ketika saya yang balik curcol ke reseller yang saya anggap seperti kakak sendiri, kalo saya termasuk orang yang gampang panas. Eh beliau malah bilang, kalo cara saya merespon sangat-sangat luar biasa. Sangat sabaarr. Keliatan dari tulisan saya, katanya. Malah menurutnya seandainya dia di posisi saya, belum tentu mampu bersikap seperti itu.

Wah, tetiba saya tersanjung.
Tersanjung season 8..
*ngusep daster*

********

Satu setengah tahun yang lalu, saya cuma emak-emak biasa dengan kenalan yang itu-itu saja. Ngga suka jualan, tapi suka ngobrol apalagi nyambi makan bareng. Pergaulan pun terbatas. Hanya seputar rumah, sekolah anak, pengajian dan komunitas.


Tetiba sekarang saya jadi doyan jualan. Punya banyak kenalan, punya banyaak sodara. Mereka sekarang seperti kawan akrab saya. Mondar mandir ke rumah, sambil belanja, sambil curcol, sambil ngemil. Juga customer-customer yang loyal, yang suka nyapa dan nyolek di wa, sampe nyamperin ke rumah.


Alhamdulillah, Allah bukakan jalan untuk menjadi lebih bermanfaat.




Saya sangat percaya.
Haqqul yakin.
Allah swt yang menggerakkan mereka.
Menggerakkan jari mereka untuk menghubungi saya.
Menggerakkan hati mereka untuk bergabung dan bermitra bersama saya.
Menggerakkan tangan mereka untuk bertransaksi dengan saya.


Itu semua, bukan karena iklan toko saya di facebook, ig, whatsapp, atau di selebaran dan brosur yang saya sebarkan saat bazar.
Itu hanya perantara.
Di atas itu semua, ada Allah yang gerakkan.


Daaann...tidak ada yang lebih bahagia, daripada membaca komentar-komentar mereka....reseller dan customer tercintah..

“Bu Rina, Alhamdulillah.....reseller saya nambah. Makanya saya jadi sering mesen nih ke bu Rina.

“Mbaaa....rokcelnya sukaaaaa....bahannya adeemm. Jadi enak nih, ngga perlu pake daleman lagi.”

“Bu, anakku suka banget rokcelnya. Mpe cuci, kering, pake....gitu terus. Makanya sekarang mo pesen lagi..”

“Mba, temen kantorku pada minat nih. Katanya cantik. Aku mau dong jadi reseller.”

“Bu, paketnya dah sampe. Aku suka banget rokcelnya. Nanti kalo dah gajian, aku mau pesen lagi yaa...”


Dll.....dst....

Kalo dah gitu, capeknya packing-packing dan ngangkut barang berkilo-kilo, jadi lenyap, hilang....dan hanya berbekas transferan di ATM ....(emak matre dot com)


************


Niat saya mungkin sepele banget. Pengen ngeliat mereka, perempuan-perempuan bisa tampil feminin dan tetep bisa bebas bergerak.
Perempuan yang manis dan elegan dengan roknya, tapi juga bisa tetap berkendara dengan luwes, berjalan dengan cepat, berlari, loncat, gegulingan.....(ini teh mau ngapain yak ...)


Anak perempuan juga bisa tumbuh sesuai kodratnya.
Terbiasa memakai rok, tanpa merasa sulit untuk bermain dengan lincahnya. Sementara auratnya tetap tertutup rapih.


Para emak pun nyaman, karena cucian jadi ngirit. Ngga perlu nyuci dobel. Udahlah nyuci rok....eh kudu nyuci dalemannya juga. Bener ngga pemirsa??


Baiklah, mungkin sampai sini dulu cerita tak penting dari seorang emak yang merasa produknya penting......


Seorang emak yang sedang jatuh cinta dengan bisnisnya. Meluruskan niat, bahwa bisnis ini adalah sarana sang emak untuk makin dekat dengan penciptanya, dan bagian dari kontribusi sang emak untuk berkembangnya ekonomi umat.
Gimanapun, langkah besar itu dimulai dari langkah kecil....


Semoga.....bisnis ini semakin berkembang, berkah dan bermanfaat untuk umat di seluruh dunia.....Aaaaamiiiiinn


#ceritabisnissangemak
#jangantanyakenapajudulnyanggaberhubungan
#itukarenasangemakdoyanminumkopi
#plusdoyangelarlapak
#nahternyataadahubunganjugakan
#napajadingomongsendiriyak
#makasih ya dah baca sampe selesai <3




Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Refleksi Kehidupan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger